ULANGAN HARIAN JARDAS 1

  DASAR DASAR SISTEM KOMPUTER
Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input,memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. Terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output).
—Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP).
A. STRUKTUR KOMPUTER
     Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait,berikut gambar ulasan dari struktur komputer .
  
Adapun komponen pokok sistem komputer,yaitu :
  • Pemroses
  • Memory Utama
  • Perangkat pemasukan dan pengeluaran
  • Interkoneksi antar komponen
1. Pemroses ( CPU )
    CPU berfungsi sebagai pengendali operator komputer dan dapat melakukan pengolahan data.
 Pemrosesan melakukan kerja dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a. Mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori utama
b. Men-dekode instruksi menjadi proses-proses sederhana
c. Melaksanakan proses-proses tersebut
   
Operasi-operasi pada pemroses dikategorikan menjadi :  
1. Operasi aritmetika
     => Penambahan, pengurangan, perkalian,   pembagian dsb  
2. Operasi logika
    => OR, AND, X-OR, inversi dsb  
3. Operasi pengendalian 
    => Operasi percabangan, lompat dsb
Pemroses terdiri dari tiga komponen, yaitu : 
1. CU (Control Unit)
    Berfungsi mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer  
2. ALU (Aritmetic Logic Unit)
    Berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika  
3. Register
     Merupakan memori yang sangat cepat yang berfungsi   sebagai tempat operan-operandari operasi yang akan dilakukan oleh   pemroses.
2. Control Unit
    a. Mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output.   
    b. Mengartikan instruksi-2 dari program komputer. 
    c. Membawa data dari alat input ke memori utama. 
    d. Mengambil data dari memori utama untuk diolah.  
    e. Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. 
    f. Membawa hasil pengolahan data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.  
  Kesimpulan tugas dari unit kendali ini adalah :
  a. Mengatur & mengendalikan alat-alat input dan output.  
  b. —Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. 
  c. —Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan).  
  d. —Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.  
  e. —Menyimpan hasil proses ke memori utama.
3. ALU ( ARITHMATIC AND LOGIC UNIT )
  a. Melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit        elektronik yang digunakan disebut adder.
  b. Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program
 c. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator
     logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari (<), kurang
     atau sama dengan (≤), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (≥).
4. MEMORY
    Ada tiga macam yang dipergunakan di dalam sistem komputer yaitu : 
1. —Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses  
2. —Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan. 
3. —Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.
5. REGISTER
   Register adalah Alat penyimpanan kecil dgn kecepatan akses cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses, masih disimpan di dalam memori utama. CPU diibaratkan sbg otak yg punya ingatan-2 (register) dan pengendali organ tubuh (CU).
Program dan data diletakkan di memori utama yg diibaratkan sbg sebuah meja. Program diproses (melakukan satu per satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya).
  Instruksi tsb dibaca & diingat (instruksi yg sedang diproses disimpan di register).   Misalnya HITUNG C = A + B, maka perlu data nilai A & B yg masih ada di meja (di memori utama).   Data ini dibaca dan masuk ingatan kita (data yg sdg diproses disimpan di register), misal A=2 dan B = 3, sehingga nilai C dapat dihitung yaitu 5 (proses perhitungan ini dilakukan di ALU).
Hasil dari perhitungan ini dituliskan kembali ke meja (disimpan kembali ke memori utama). 
Setelah itu mungkin data, program, dan hasilnya disimpan secara permanen ke dalam lemari kabinet (penyimpanan sekunder). 


 6. PERANGKAT INPUT / OUTPUT
      Perangkat masukan atau keluaran digunakan didalam sistem komputer untuk berinteraksi dengan lingkungan luar, baik ke pemakai ataupun lingkungan secara umum.
  Perangkat masukan/keluaran terdiri dari dua bagian, yaitu:
a. Komponen mekanis, yaitu perangkat itu sendiri
b. Komponen elektronis, yaitu pengendali perangkat berupa chip controller. 
7. INTERKONEKSI ANTAR KOMPONEN
  Interkoneksi antar komponen bisa juga Disebut sebagai BUS dan interkoneksi ini berkaitan dengan tata cara hubungan antar komponen-komponen sistem komputer,yaitu :  
1. Menghubungkan CPU dengan memori utama ataupun dengan alat-alat input/output (I/O). 
2. Bus antara CPU dgn memori utama dilekatkan pada MDR, MAR, dan unit kendali dalam CPU, dan disebut Internal Bus. 
3. BUS yang menghubungkan CPU dgn I/O tidak dilekatkan langsung ke I/O, tetapi dilakukan melalui I/O port atau DMA controller atau I/O channel,  dan disebut External Bus.  
4. Di dalam Internal Bus, terdapat data bus yang dihubungkan dengan MDR, address bus yang dihubungkan dengan MAR, serta control bus yang dihubungkan dengan control unit.
8. BUS
    Bus terdiri dari tiga macam, yaitu: 
 1. Bus alamat (addres bus)  digunakan untuk memberikan alamat dari memori atau port   yang hendak   diakses. Bus alamat berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau   lebih. 
 2. Bus data (data bus) digunakan Untuk membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port.   Bus data berisi 8,16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih.  
 3. Bus kendali (control bus)
  Sinyal bus kendali antara lain :
—a. Memory Read
b. —Memory Write
c. —I/O read
d. —I/O Write

Komentar

  1. Now launch your Netflix Clone app within a few days, we can help you create great design, develop, and launch your brand new OTT platform like Netflix! with an enticing UI. The front-end is built and crafted to increase your user's attraction and keep the content consumption as high as the Everest. The back-end dashboard is also enriched your viewing experience exponentially, easy to use. Buckle up Netflix clone app is now available at an unbeatable price.

    BalasHapus
  2. Start your script for the Uber Clone app with our Taxi Booking Software on demand. Therefore, in our app, we add Stripe as the default payment gateway for free. Every customer does not have a smartphone to download your mobile app or your chauffeurs may receive a service request on the route (a traditional hailing).

    BalasHapus
  3. Venmo clone App peer-to-peer payment app, will help you avoid this issue. You can move an exact sum of money using this peer-to-peer payment mechanism instead of pitching in an additional amount like you would with a conventional method of managing money.

    BalasHapus
  4. Netflix Clone is the clone or the replica of the original app named Netflix, the Netflix clone has the same feature and functionalities as the original app has, and we can say that the clone is developed with the Netflix clone script for getting the complete architecture of the Netflix app to make the Netflix clone more valuable and efficient in the market across the globe.

    BalasHapus
  5. Venmo clone App : Because it’s used for an on-line cash app for ripping your price of virtually each single dealings of anything—right then, right there.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer