Menginstal Ubuntu via Wubi (Dual Booting)


Dengan semangat belajar opensource. saya akhirnya menulis blog saya lagi, Beberapa cara untuk menginstal ubuntu ke kompi (komputer :D ) salah satunya dengan menginstal melalui USB Flasdisk, Single boot, dan dual boot (Multiple boot).

Hmm… disini saya akan berbagi mengenai menginstal ubuntu dual boot menggunakan wubi, untuk lebih mengenal wubi agar lebih cinta dengan ubuntu kesayangan :D . jadi inget omongan temen dia bilang “Seriuslah kalo mau ngerjain sesuatu, jangan pernah setengah2″. mungkin itu yang menjadi motto saya sekarang. Langsung saja tadi sedikit intermezzo hehehe… kita harus mengenal apa sih wubi ? keuntunganya gmn sih  ? langkah menginstalnya gmn …?
Baik sedikit penjelasan mengenai ( The Windows-based Ubuntu Installer) atau windows ubuntu installer biasa disebut wubi ini memungkinkan kita untuk menginstall dan uninstall ubuntu dari dalam Microsoft Windows. Kalo kita menginstal dengan wubi keuntunganya kita bisa mencoba ubuntu tanpa risiko kehilangan data memformat disk atau pembagian partisi. Dan bisa di instal di berbagai versi Microsoft Windows seperti windows 98, 2000, XP, Vista, Windows 7.
Untuk langkah2nya bisa dilihat :D
Pertama kita harus mendownload iso yang dibutuhkan kalo saya menggunakan ubuntu 10.10 atau bisa searching di Google, versi lama juga bisa atau versi yang terbaru.
Kemudian kita ekstrak iso tadi untuk mengambil wubi.exe yang gunanya untuk menginstal Ubuntu kita di dalam windows (Dual Booting)
Dan jalankan wubi.exe yang sudah kita ekstrak

Kemudian akan muncul tampilan seperti ini, isi password dan installation sizenya setelah itu klik instal …
Mudah bukan….? Heee…sekian tutorial mengenai menginstall Ubuntu via Wubi …
Tunggu tutorial lainya……hee…^_^

Komentar

Postingan Populer