Langkah Awal Belajar C++ (IDE : Netbeans, OS : Linux)


Gara-gara si Ledoet minta diajarin C++ (Duh! Padahal saya juga udah lupa banget), akhirnya saya pun ngutak-ngatik kang-Netbeans ( :mrgreen: ) supaya bisa menjalankan code C++.  Berikut ini beberapa langkah yang saya lakukan :
1. Install JDK untuk Linux. (Klik disini)
2. Install Netbeans untuk Linux. Pilih paket instalasi Netbeans yang full (bisa untuk semua bahasa pemrograman yang ada di fiturnya). Atau bisa juga pilih paket yang cuma untuk C/C++, nantinya kalau butuh untuk bahasa lainnya, misal : PHP, tinggal download plugins untuk PHP.
3. Install Compiler untuk C++ jika komputer terkoneksi dengan internet, langsung saja di terminal ketik perintah :
sudo apt-get install build-essential
4. Setting Netbeans untuk membaca compiler C++. Buka Netbeans. Buka Tools -> Options -> C/C++ -> Build Tools. Isi C++ Compiler dengan “/usr/bin/g++”. Kalau tidak dilakukan, Netbeans akan mengeluarkan pesan error “cannot find <namaFileHeader.h>“, untuk setiap header file yang digunakan.
5. Tes coding, yuk!
Berikut ini code yang saya gunakan. Program yang meminta masukan string dan mengeluarkannya kembali :
01#include iostream;
02 
03using namespace std;
04 
05int main()
06{
07 
08char name[100];
09 
10cin >> name;
11 
12cin.sync();
13 
14cin.clear();
15 
16cout << "hello, " << name<<endl;
17 
18cin.get();
19 
20return 0 ;
21 
22}
Semoga bermanfaat untuk para newbie. ^^
Catatan :
Saya memilih untuk menggunakan Netbeans sebagai IDE karena Netbeans bisa juga digunakan untuk Java dan PHP. Komplit deh! :)

Komentar

Postingan Populer